Home BLOGS Tips Mengendarai Motor Besar dari WMS

Tips Mengendarai Motor Besar dari WMS

SHARE

JAKARTA, 13 Juli 2016 – Mengendarai motor besar di kota besar harus memiliki strategi tersendiri. Selain kondisi jalanan kota yang sibuk disesaki oleh ribuan pengendara kendaraan bermotor terdapat juga banyak pejalan kaki yang berseliweran sehingga Anda diwajibkan untuk tetap waspada. Bagaimana tipsnya?

PT. Wahana Makmur Sejati selaku Main Dealer sepeda motor Honda region Jakarta – Tangerang, mengatakan ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Pertama, perlihatkan keberadaan Anda dengan mengenakan priding gear seperti jaket atau rompi dengan warna yang reflektif. Helm berwarna cerah pun wajib digunakan agar keberadaan Anda diketahui dan orang lain juga waspada. Jika Anda ingin sesekali membesut motor besar, usahakan posisikan di wilayah terbuka. Hal ini bertujuan agar Anda tetap di jalur aman dan jangan melakukan selap-selip di celah mobil karena sulit terlihat akibat blind spot.

Langkah berikutnya, Fokus pada sekeliling. Jangan hanya fokus ke depan, tapi juga ke kanan kiri dan belakang untuk mengetahui kondisi serta lingkungan sekitar. Dengan fokus, Anda dapat mengetahui kondisi mulus atau rusaknya permukaan jalan serta gangguan yang menghambat di jalanan. Perhatikan kondisi jalan dengan baik adalah kunci untuk bisa menghindari dan melewati mobil-mobil besar dan juga untuk mencari cara keluar dari kesulitan jika terjadi sesuatu di jalan.

Saat menyalip, hindari menyalip dari sisi kiri. Usahakan selalu menyalip dari jalur kanan, agar pengemudi mobil di depan Anda bisa melihat keberadaan Anda. Selalu fokus untuk mengerem di waktu yang tepat.

Jika berkendara di malam hari, pastikan menggunakan lampu kendaraan dengan baik. Pastikan lampu-lampu dalam keadaan menyala dengan normal. Jika lampu depan dan belakang tidak otomatis, nyalakanlah. Selain itu juga pastikan agar lampu sen dinyalakan dan dimatikan pada waktunya, dan sesuai dengan posisi Anda di jalan, jangan sampai membingungkan kendaraan lain.

Saat jalan terlihat padat, usahakan ambil jalur yang benar. Jalanan besar biasanya memisahkan jalur cepat dan jalur lambat, jangan sampai mengambil jalur yang salah karena akan membuat posisi Anda sulit terlebih dengan menggunakan motor besar dengan kondisi mesin yang panas membutuhkan ruang terbuka agar mudah melepaskan suhu panas mesin di jalur terbuka.

Usahakan tetap tenang, jangan sembrono serta agresif, dan ikuti peraturan karena hanya akan membawa bahaya bagi diri Anda serta orang lain. Terakhir adalah biasakan kendalikan emosi dimana jalan raya umumnya dipenuhi oleh orang dengan bermacam karakteristik. Tersulut emosi sedikit saja sudah dapat memberi dampak yang berbahaya bagi keselamatan.

Nah, semoga langkah tersebut dapat membuat anda berkendara dengan aman, selamat dan tetap terlihat keren diatas motor besar ya!

ANDHIKA KRESNA

SHARE

The 1st Indonesia Autovaganza Bikin Heboh QBig Mall

JAKARTA, 26 Maret 2017 – Gelaran 1st Indonesia Autovaganza membuat meriah suasana di QBig Mall, BSD City, Minggu, 26 Maret...

Ini Alasan Lampu Rem Berwarna Merah dan Sein Berwarna Orange

JAKARTA, 26 Maret 2017 - Penggunaan lampu rem belakang dengan warna merah diaplikasikan pada semua kendaraan di dunia baik kendaraan...

Honda Global Resmi Perkenalkan CBR250RR Versi Balap

OSAKA, 25 Maret 2017 - Honda, melalui divisi balapnya Honda Racing Corporation (HRC) resmi memperkenalkan Honda CBR250RR versi balap. Motor yang diberi...

FIRST RIDE: All New Vespa LX 125 i-get

JAKARTA, 24 Maret 2017 - Bersamaan dengan peluncuran Vespa LX 125 i-get dan S 125 i-get perdananya di Jakarta, PT...

Ada Bendera Merah Putih di Yamaha YZF-M1 Duo Yamaha

DOHA, 24 Maret 2017 - Ada yang menarik dalam penampilan perdana duo Yamaha YZF-M1 2017 dalam free practice pertama di...