Ini 13 Fakta Mesin Baru Harley-Davidson Milwaukee-Eight

Ini 13 Fakta Mesin Baru Harley-Davidson Milwaukee-Eight

JAKARTA, 16 September 2016 – Harley-Davidson resmi memperkenalkan mesin terbarunya yang diberi nama Milwaukee-Eight. Mesin ke-9 dalam sejarah Harley-Davidson ini mendapat banyak perubahan signifikan yang menghasilkan performa yang berbeda.

Dari sisi tampilan, Harley-Davidson Director of Styling Brad Richards, mengatakan mesin ini bak bagian belakang atlet renang, “Ramping di bagian pinggang namun lebar dan berotot di bagian pundak.”

Motovaganza menyaksikan dan merasakan langsung performa mesin baru ini dalam test ride eksklusif di Tacoma, Washington, Amerika Serikat. Berikut beberapa fakta penting tentang Milwaukee-Eight:

1. Delapan Katup
Mesin baru Milwaukee-Eight memiliki delapan katup, atau empat katup per silinder. Sistem pembakaran intake dan exhaust lebih besar 50%dibandingkan versi Twin Cam yang digantikannya.

2. Lebih Bertenaga
Mesin baru ini memiliki torsi 10 Persen lebih besar dibandingkan sebelumnya. The U.S. Environmental Protection Agency (EPA) menyebutkan jika mesin baru 107 menghasilkan tenaga 92.53 horsepower (69kw) @ 5020 rpm, dan tipe 114 menghasilkan 100.57 horsepower (75kw) @ 5020 rpm.

3. Kompresi Lebih Tinggi
Sejalan dengan meningkatnya kubikasi, mesin ini juga memiliki rasio kompresi lebih tinggi yaitu 10.5:1. Dua busi untuk masing-masing silinder menghasilkan pembakaran yang lebih efisien.

13092016-moto-milwaukee-eight_06

4. Camshaft Tunggal
Milwaukee-Eight memiliki single camshaft atau nokn as, lebih ringan, dan tak membutuhkan banyak perawatan. Hasilnya secara mekanik mesin lebih simpel dan kurang gesekan dan suara.

5. Akselerasi Lebih Cepat
Memiliki berat yang sama dengan mesin sebelumnya namun dengan tenaga yang lebih besar, akselerasi yang dihasilkan juga lebih baik. Mesin 107 motor berakselerasi 11 persen lebih cepat dari posisi 0-60 mph, serta akselerasi roll-on dari 60-80 mph, dibandingkan dengan Twin Cam High Output 103. Tipe 114 lebih cepat 8 persen dari 0-60 mph dan 12 persen lebih cepat pada 60-80 mph, dibandingkan dengan Twin Cam 110.

6. Lebih Halus
Dengan sedikit gesekan bagian pada mesin, tingkat kebisingan mesin berkurang. Hal ini dikompensasikan dengan meningkatkan output suara pada knalpot.

7. Minim Getaran
Mesin Milwaukee-Eight menggunakan karet-mounting dan single internal counter balancer untuk mengurangi getaran mesin. Harley-Davidson mengklaim ada penurunan 75% dalam getaran saat motor dalam kondisi idle.

8. Lebih Dingin
Penggunaan pendingin, baik udara dan cairan, serta perbaikan alur sistem pendinginan, desain ulang kepala silinder, membuat panas mesin berkurang. Knalpot juga didesain ulang untuk menjauhkan panas dari pengendara. Putaran Idle mesin juga diturunkan dari 1.000 rpm ke 850 rpm.

13092016-moto-milwaukee-eight_05

9. Ergonomi Ditingkatkan
Milwaukee-Eight memiliki cover yang lebih ramping. Mesin ini juga mendapat Assist and Slip Cluth meningkatkan aktuasi hidrolik yang membuat tuas kopling lebih ringan hingga 7 persen.

10. Aliran Udara Lebih Baik
Katup yang lebih ringan, single camshaft, cover desain baru, dan peningkatak komponen membuat berkurangnya suara mesin. Intake mesin dan aie cleaner didesain untuk mengurangi suara intake namun memaksimalkan aliran udara.

11. Peningkatan Daya Listrik
Aris listrik naik 24-25 ampere saat medin idle sehingga sistem charging Milwaukee-Eight menghasilkan output 50 persen lebih banyak dari sebelumnya. Sehingga memberikan listrik tambahan bagi penggunaan aksesoris seperti lampu, audio, pemanas grip, dan aksesoris lainnya.

12. Lebih Ramping
Secara desain mesin baru ini lebih ramping, menghasilkan legroom yang lebih besar di sekitar mesin sehingga lebih mudah bagi kaki pengendara menjejak tanah.

13. Tiga Varian
Harley-Davidson Milwaukee-Eight memiliki 3 varian yaitu Milwaukee-Eight 107 dengan kepala silinder berpendingin oli, berkapasita 107 inci kubik (1750cc). Kemudian Twin-Cooled Milwaukee-Eight 107 yang dilengkapi pendingin cairan. Terakhir adalah Twin-Cooled Milwaukee-Eight 114, yang berpendingin cairan, kapasitas 114 inci kubik (1870cc). Untuk tahun pertama, Milwaukee-Eight ini hanya akan digunakan eksklusif untuk model Touring dan roda tiga (three-wheel).

RAJU FEBRIAN

Comments

BANGKOK, 8 Desember 2016 - Melalui ajang Thai Motor Expo 2016, Triumph Motorcycles mengahdirkan penampilan motor klasik dengan mesin bongsor...

JAKARTA, 8 Desember 2016 -- PT Kawasaki Motor Indonesia akhirnya menghadirkan salah satu model dari keluarga “Z” teranyar miliknya bernama...

JAKARTA, 8 Desember 2016 – Sepeda motor listrik nasional GESITS membuka kesempatan kepada UKM untuk melakukan kerjasama pengadaan komponen sepeda...

JAKARTA, 7 Desember 2016 -- Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) berlangsung sukses. Achobule Patauri terpilih sebagai Ketua...

THAILAND, 7 Desember 2016 - Memanfaatkan gelaran Thailand Motor Expo ke-33, pabrikan motor asal India Royal Enfield turut mengambil bagian...