Ini 6 Motor “Facelift” BMW Motorrad R Series Tahun Depan

Ini 6 Motor “Facelift” BMW Motorrad R Series Tahun Depan

STUTTGART, 13 Juli 2016 – Kabar Gembira bagi penggila motor bergenre adventure asal Jerman, BMW Motorrad. Pabrikan asal Jerman itu akan melakukan perubahan pada R Series miliknya. Perubahan tersebut tidak hanya meliputi sektor penampilan alias fisik saja tapi merambah ke sektor elektronik serta penambahan beberapa fitur pada unit 2017 mendatang.

BMW Motorrad melakukan langkah ini dikarenakan persiapan Euro 4 yang berlaku di Eropa. Selain itu, facelift dilakukan demi menyempurnakan unit 2016 yang sudah diperjualbelikan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Model baru ini mengalami ubahan tampilan seperti lampu samping yang didesain sesuai ketentuan lalu lintas di Eropa. Selain itu mesin boxer khasnya akan dilengkapi peredam hentakan pada output shaft, aktuator drum selector, transmission shaft bantalannya yang telah direvisi serta penambahan lampu sinyal onboard diagnostics yang diletakan pada panel meter.

Ke-6 motor yang mengalami ubahan seperti BMW R1200 GS yang memiliki desain panel instrumen yang baru. Seri ini juga mengalami ubahan aksesoris optional (tambahan) termasuk crash bar baru untuk perlindungan mesin boxernya.

Saudara kandungnya BMW R1200 GS Adventure juga akan mengalami ubahan pada penampilan fisik, misal pada warna. Pilihan warna biru ocean metallic matt pada seri 2017 tidak lagi tersedia untuk R 1200 GS Adventure. Kemungkinan akan digantikan dengan New BMW R1200 GS Adventure “Triple Black”.

“Triple Black” merupakan versi khusus BMW R 1200 GS berbasis travel enduro dengan penampilan hampir hitam pada keseluruhan bodinya. Warna hitam meliputi, cover tengah tangki, tutup kompartemen penyimpanan, rangka, mesin, transmisi, swingarm dan mudguard depan dalam warna blackstorm metallic sementara, sisi tangki akan dilabur dengan warna dark skate metallic.

Berbeda dengan BMW R1200 RT yang akan memiliki pilihan warna baru seperti, Carbon Black metallic, White Alpine. Dua warna baru tersebut menggantikan posisi warna Ebony metalik, San Marino Blue Metalik yang tidak ada pada seri 2017 mendatang. Menariknya, kedua motor jangkung ini akan ditambahkan fitur keselamatan baru seperti ABS Pro yang akan mampu bekerja saat melakukan tikungan tajam dan dilengkapi dynamic brake light.

Tidak hanya motor bergenre Adventure, dari model turingnya seperti BMW R1200 R dan BMW R1200 RS juga akan mendapat kelir baru. Fitur keselamatan ABS Pro dan dynamic brake light pun akan ikut dalam paket penjualan model 2017 mendatang. Jika pada varian BMW R1200 R sebelumnya disebut sebagai “Style 1″ sekarang berganti nama menjadi “R 1200 R Sport”. Motor ini akan tampil dengan kombinasi warna terang antara putih kombinasi Cordoba Biru (dengan warna frame baru).

Sedangkan tipe “Style 2″ sekarang berganti nama menjadi “R 1200 RS Sport”. Motor ini nantinya akan dilabur kombinasi warna terang Putih metalik / Magellan abu-abu doff metalik menggantikan warna abu-abu granite metalik doff pada seri 2016 ini.

Proyek pengembangan teknologi dan penampilan pada keenam motor ini rencananya baru akan dilakukan BMW Motorrad pada bulan Agustus 2016 mendatang. Sedangkan peluncuran akan dilakukan pada 2017 mendatang.

ANDHIKA KRESNA

Comments

JAKARTA, 8 Desember 2016 – Setelah absen selama 10 bulan, Harley-Davidson kembali hadir di Indonesia. Hal ini ditandai dengan pembukaan...

BANGKOK, 8 Desember 2016 – Pabrikan motor asal Italia, Ducati, memanfaatkan gelaran Thailand Motor Expo ke-33 untuk menghadirkan sosok XDiavel...

JAKARTA, 8 Desember 2016 – Bicara motor kastem, motor dengan aliran Café racer nampaknya menjadi sebuah perhatian tersendiri di kalangan...

BANGKOK, 8 Desember 2016 - Melalui ajang Thai Motor Expo 2016, Triumph Motorcycles mengahdirkan penampilan motor klasik dengan mesin bongsor...

JAKARTA, 8 Desember 2016 -- PT Kawasaki Motor Indonesia akhirnya menghadirkan salah satu model dari keluarga “Z” teranyar miliknya bernama...