Ini Rahasia Irit dan Bertenaga Motor Honda

Ini Rahasia Irit dan Bertenaga Motor Honda

JAKARTA, 12 Oktober 2016 – ESP atau Enhance Smart Power adalah teknologi turunan dari mesin Honda metik seperti Honda Vario dan Honda BeAt. Didukung dengan fitur ACG dan ISS menjadikan mesin berteknologi ESP menjadi lebih responsif dengan akselarasi tinggi.

Untuk mesin berkapasitas 110 cc diklaim mampu menyumbang efisiensi bahan bakar sebesar 7% dari versi Non ISS dan mampu berlari hingga 100 km/jam. Dari segi komponen, Honda ESP terbaru akan lebih awet dan ramah lingkungan.

Di balik ketangguhan mesin Honda tersebut terdapat kontribusi komponen kecil yang disematkan ke dalam ruang bakar, yaitu Busi NGK MR9C-9N yang dibuat oleh PT NGK BUSI INDONESIA.

Busi MR9C-9N ini adalah teknologi terbaru dari NGK yang dibuat khusus untuk menyesuaikan permintaan teknologi dari Honda yang mengusung tema ramah lingkungan. Busi MR9C-9N ini adalah generasi terbaru dari tipe sebelumnya yaitu CPR9EA-9 dengan beberapa improvement yang disematkan kepada busi tersebut.

Konsen improvement yang dilakukan adalah dengan meningkatkan efek erosi sebesar 40% pada elektroda dan diharapkan mampu bertahan pada efek oksidasi yang di akibatkan dari proses pembakaran.

Beberapa improvement yang dilakukan diantaranya seperti, material bahan penyusun dimana pada tipe sebelumnya yaitu CPR9EA-9 nikel yang digunakan adalah nikel berjenis standard sehingga durability yang tercapai tidak sebagus tipe terbaru (MR9C-9N). Nikel jenis baru ini mengalami sedikit perubahan dengan memperkecil diameternya dengan harapan proses transfer kelistrikan antar elektroda bisa lebih fokus dan proses pengapian lebih sempurna.

Kedua, penampang elektroda pada MR9C-9N yang memiliki elektroda ground bersudut dengan bentuk semi silindris dibandingkan dengan tipe sebelumnya yaitu berbentuk kotak.

Perubahan bentuk ini berdampak pada proses pressure atau tekanan yang terjadi pada saat busi melahirkan percikan api diantara kedua elektrodanya, sehingga api yang dihasilkan lebih efektif dalam proses penyebarannya dibandingkan dengan tipe sebelumnya.

Ini artinya, busi NGK MR9C-9N yang digunakan oleh Honda tipe ESP ini dapat dijadikan alternatif pilihan sebagai pengganti dari CPR9EA-9, dengan mengusung teknologi ramah lingkungan dan dapat menaikkan efisiensi pembakaran serta meningkatkan responsif akselarasi menjadikan sensasi tersendiri dalam berkendara.

ANDHIKA KRESNA

Comments

BANGKOK, 8 Desember 2016 - Melalui ajang Thai Motor Expo 2016, Triumph Motorcycles mengahdirkan penampilan motor klasik dengan mesin bongsor...

JAKARTA, 8 Desember 2016 -- PT Kawasaki Motor Indonesia akhirnya menghadirkan salah satu model dari keluarga “Z” teranyar miliknya bernama...

JAKARTA, 8 Desember 2016 – Sepeda motor listrik nasional GESITS membuka kesempatan kepada UKM untuk melakukan kerjasama pengadaan komponen sepeda...

JAKARTA, 7 Desember 2016 -- Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) berlangsung sukses. Achobule Patauri terpilih sebagai Ketua...

THAILAND, 7 Desember 2016 - Memanfaatkan gelaran Thailand Motor Expo ke-33, pabrikan motor asal India Royal Enfield turut mengambil bagian...