Home MOTORSPORTS Jorge Lorenzo Pecahkan Banyak Rekor di Le Mans

Jorge Lorenzo Pecahkan Banyak Rekor di Le Mans

(Foto: motogp.com)

LE MANS, 8 Mei 2016 – Pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo, menciptakan rekor lap baru dan membuat rekor 63 kali meraih pole position di MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans. “Saya sama sekali tak menyangka,” katanya.

Lorenzo tampil percaya diri di sesi free practice Monster Energy Grand Prix de France. Ia menunggu semua rider lain untuk meninggalkan pit lane sebelum keluar dengan YZR-M1. Pembalap asal Mallorca, Spanyol, itu mencatat waktu 1 menit 32.533 detik di FP3. Catatan waktu ini ia pertajam menjadi 1 menit 32.437 detik lalu 1 menit 32.236 detik sebelum kembali ke pit meski sesi FP3 masih tersisa 7 menit.

Dua menit kemudian Lorenzo kembali ke trek. Ia menunggu saat terakhir untuk menjadi orang tercepat yang pernah di sirkuit Le Mans Bugatti, membuat rekor lap baru 1 menit 31.975 detik dan unggul 0.441 detik dari Marc Marquez (Repsol Honda) yang berada di tempat kedua.

Banyak catatan penting dari waktu yang dibuat Lorenzo. Selain rekor lap baru, ia meraih 63 kali pole position yang juga rekor baru melewati catatan rekan setimnya Valentino Rossi sebagai rider dengan pole position terbanyak dalam kejuaraan dunia. Plus ini menjadi rekor lap pertama dengan ban Michelin sejak mereka kembali menjadi pemasok ban MotoGP.

Hasil ini jelas membuat Lorenzo diunggulkan memotong selisih 17-poin dari pemimpin klasemen Marc Marquez (Repsol Honda Team) dalam balapan hari Minggu, yang dimulai pukul 14.00 waktu setempat atau pukul 19.00 WIB.

“Sejak awal, latihan pertama hari Jumat, semuanya berjalan sangat baik dan sesuai dengan harapan kami. Sedikit demi sedikit seluruh tim kami meningkatkan detail-detail kecil yang memungkinkan saya menjaga kecepatan konstan,” kata Lorenzo seperti dilansir motogp.com.

“Saya tidak menyangkan membuat waktu lap yang luar biasa, tapi kadang-kadang waktu lap bisa mengejutkan Anda dan saya sangat senang dengan pole position dan catatan lap. Terutama dengan pekerjaan dilakukan seluruh tim,” katanya.

RAJU FEBRIAN

Berita Terkait:
Pecahkan Rekor Lap, Lorenzo Rebut Pole Position MotoGP Prancis
Jorge Lorenzo Kembali Tercepat di FP4 MotoGP Prancis
Andrea Iannone Rebut Posisi Teratas FP3 MotoGP Prancis
Jorge Lorenzo Tercepat di FP2 MotoGP Prancis
Tiga Pembalap Spanyol Pimpin FP1 MotoGP Prancis

Jual 4,3 Juta Unit, Honda Kuasai Ketiga Segmen Sepeda Motor di 2016

JAKARTA, 16 Januari 2017 – Honda belum tersaingi dalam penjualan motor nasional sepanjang 2016. Menutup tahun 2016, PT Astra Honda...

Ketika Ducati Panigale 899 Berwujud Cafe Racer

DETROIT, 16 Januari 2017 – Mengusung tema Naked Street Fighter, Ducati Panugale 899 yang bergenre sportsbike tampil gahar. Bagaimana...

Yamaha YZF-M1 Siapkan Warna Baru Pekan Depan

MADRID, 16 Januari 2017 – Kabar baik datang dari balap MotoGP. Tim Yamaha Movistar pada 19 Januari 2017 mendatang...

Ini Keunggulan Yamaha Aerox 155VVA Hadapi Honda Vario 150 eSP

JAKARTA, 16 Januari 2017 – Yamaha Aerox155 VVA tak lama lagi akan meramaikan jalanan di tanah air. Yamaha Aerox 155VVA...

Triumph Street Twin 2017, Ini Spesifikasi Lengkapnya

JAKARTA, 13 Januari 2017 - PT GAS Indonesia, distributor resmi Triumph Motorcycles di Indonesia, siap membuka inden untuk pemesanan unit Triumph Street Twin...