Home MOTORSPORTS Juara di Suzuka, M. Sapril Puncaki Klasemen Suzuki Asian Challenge 2016

Juara di Suzuka, M. Sapril Puncaki Klasemen Suzuki Asian Challenge 2016

JAKARTA, 6 Juni 2016 – Pembalap Indonesia berhasil menorehkan prestasi apik di Suzuki Asian Challenge (SAC) 2016 seri ke-3 di Suzuka Circuit, Jepang, akhir pekan lalu. M. Sapril berhasil menjadi juara di Race 2 sehingga memimpin klasemen sementara.

Memacu Suzuki F150, Suzuki yang menurunkan 3 pembalap yaitu M. Sapril (#87), Jefri Toseman, dan Rizal Feriyadi (#30) harus bekerja keras menghadapi persaingan dari pembalap Filipina, Malaysia, dan tuan rumah Jepang.

Pada Race 1, Jefri Tosema maupun M. Sapril hanya mampu finish di posisi 5 dan 6. Berlomba sebanyak 5 lap di lintasan sepanjang 29.105 km, pembala Indonesia menghadapi strategi slip-streaming dan blocking. Sempat terjadi kecelakaan, Jefri Tosema dan M. Sapril akhirnya bisa melintasi garis finish. Posisi teratas dihuni duo pembalap Filipina, Eane Jaye S Sobretodo dan Mario U. Bardon yang diikuti Maxi Hattori dari Jepang.

Namun di Race 2, strategi berganti. M. Sapril mampu memimpin lomba hingga masuk garis finish pertama dengan catatan waktu 14 menit 40.065 detik. Ia diikuti Rizal Feriyadi yang terpaut 0.254 detik. Sedangkan Jefri Tosema finish di posisi ke-6.

Strategi baru tersebut dilakukan secara sungguh-sungguh oleh ketiga pembalap Indonesia sejak awal putaran. Kesempatan ini mereka pergunakan sebaik mungkin untuk memperbaiki keadaan dari Race sebelumnya sekaligus menunjukan kepada pembalap dari negara lain.

“Meski jalannya Race 2 tadi begitu keras dan ketat namun prestasi Tim Suzuki Indonesia di Race 2 ini menjadi bukti bahwa pembalap muda yang PT. SIS bina ini memiliki peluang berprestasi yang lebih baik lagi tentunya dengan menggunakan mesin All New Satria F150,” kata Robert Satrio, Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS).

Dengan hasil ini, M. Sapril memimpin klasemen dengan nilai 102. Ia diikuti Rozaliman Zakaria (Malaysia) dengan 89 poin dan Jefri Tosema yang mengumpulkan 82 poin. Adapimn Rizal feriyadi di posisi 8 dengan nilai 52.

Meski baru pada SAC 2016 ini M. Sapril berkesempatan merasakan Suzuka Circuit, hasilnya berbuah manis. “Jalannya Race 2 sungguh amat keras dan persaingan antar peserta juga begitu ketat, namun saya memiliki keyakinan sejak awal Race, meski saya harus start dari posisi ke-8 saya berusaha maksimal dan konsentrasi saat awal start untuk bisa mendampingi rekan-rekan saya yang di depan, dengan kompaknya kerjasama kami bertiga di sirkuit akhirnya Indonesia bisa juara di Race 2 jepang ini,” ujarnya.

Tim Suzuki berharap sukses ini bisa diulang pada seri berikutnya yang akan berlangsung di Indonesia, Sirkuit Sentul, pada 5 – 7 Agustus 2016 mendatang.

ANDHIKA KRESNA

Tim Repsol Honda 2017 Bakal Diperkenalkan di Sentul pada 3 Februari

MADRID, 19 Januari 2017 – Indonesia kembali terpilih menjadi lokasi hari kelahiran pasukan MotoGP asal tim Honda Repsol. Sebelumnya,...

Tips Memilih Busi Racing dari NGK

JAKARTA, 18 Januari 2017 - Melengkapi agenda balap 2017 mendatang, beberapa tim terlihat sudah mulai merapatkan barisan dengan persiapan yang...

Mengusung Tema “Revs Your Ego” Ini Tiga Hal Penting Yamaha R25

JAKARTA, 18 Januari 2017 - Menunggu rivalnya yang berasal dari pabrikan motor berlogo kepakan sayap, Honda. Yamaha mengawali tahun 2017 dengan...

GALERI FOTO: Triumph Street Twin 2017

JAKARTA, 17 Januari 2016 - Suatu keberuntungan Motovaganza dapat menjajal sosok motor asal pabrikan Inggris Triumph Street Twin. Ini merupakan...

TEST RIDE: Triumph Street Twin, Roadster Eksotis Asal Inggris

JAKARTA, 17 Januari 2017 - Panas terik matahari siang itu tak menyurutkan "gregetan" saya. Maklum, meski kawasan BSD cukup panas,...