JAKARTA, 5 November 2015 — Rantai menjadi salah satu part motor yang harus Anda perhatikan saat musim hujan. Rantai akan mudah kotor oleh tanah atau lumpur, kemudian kering, basah lagi terkena hujan, sehingga akhirnya menjadi kendur. Bagaimana mengatasinya?

Yang pertama jelas biasakan periksa rantai secara berkala. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kerusakan pada rantai. Idealnya periksa kondisi rantai setiap 1.000 km sekali. Jangan menggunakan oli atau gemuk (grase) untuk melumasi rantai Anda.

Penggunaan oli atau Grease justru membuat rantai lebih lengket dan rentan untuk dikotori debu saat berjalan. Debu-debu yang menempel bisa merusak bagian rantai termasuk juga gear. Lumasi rantai motor Anda dengan pelumas khusus rantai yang sekarang banyak dijual di pasaran.

Jangan lupa membersihkan rantai dari debu, minimal dalam jangka waktu dua atau tiga minggu sekali. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan. Jangan gunakan air sabun karena akan membuat rantai motor kering.

Jika rantai sudah mulai kendur, salah satu opsi adalah memotong mata rantai satu kali. Jika langkah tersebut sudah Anda lakukan namun rantai masih saja berbunyi dan kendur, mungkin saatnya Anda mengganti rantai motor Anda. Tetap gunakan gear set dan rantai asli alias original part yang sesuai dengan motor Anda.

Semoga tips ringan dari kami dapat bermanfaat.

ANDHIKA KRESNA

Comments