Home BLOGS Tips Perawatan Sederhana Mesin Metik a la Skuterku

Tips Perawatan Sederhana Mesin Metik a la Skuterku

SHARE

JAKARTA, 2 Juni 2016 – Menjamurnya motor berbasis skuter yang umumnya bermesin dengan transmisi automatic ternyata tak dibarengi dengan pemahaman soal mesin. Banyak pengguna yang kurang memahami perawatan motor skutik ini.

Walau mudah untuk pengoperasiannya, motor metik ternyata memerlukan perawatan lebih dari motor berpenggerak rantai seperti bebek dan sport.

Perbedaan utama pada motor matik adalah sistem penggeraknya yang menggunakan Continous Variable Transmission (CVT). Cara kerjanya terbilang lebih rumit dari rantai, karena di dalamnya terdapat banyak komponen-komponen, seperti per CVT, kampas sentrifugal, roller, rumah roller, mangkok kopling, v-belt, dan masih banyak lagi.

Bengkel Skuterku di kawasan Cipayung, Jakarta Timur akan sedikit memberikan tips sederhana untuk perawatan motor metik yang digunakan untuk aktifitas harian. Pertama, cek lebar V- belt, ukurannya tidak kurang dari 18-19 mm. Kalau kurang, berarti harus diganti.

Cek juga apakah belt mengalami keretakan atau sering disebut “getas” atau tidak. Kalau terlihat ada keretakan sebaiknya diganti. Jika tidak, sewaktu-waktu v-belt bisa putus dan skutik akan berjalan di tempat alias tidak dapat melaju.

Langkah selanjutnya lakukan pengecekan pada roller atau bearing. Caranya, periksa bentuk roller. Jika mendapati bentuk yang tidak rata atau “speleng” baiknya segera diganti. Biasakan diberi grase atau  gemuk terlebih dulu sebelum pemasangan. Masih seputar bearing, ketebalan roller yang masih baik berukuran tidak kurang dari 17,5 mm.

Gantilah oli gearbox pada 6.000 km dengan oli yang memiliki SAE 10W. Sementara, pergantian V-Belt sebaiknya dilakukan setiap 1.500 km. Selain itu, rajin-rajinlah membersihkan filter udara CVT setiap 3 bulan atau bisa dilakukan saat servis berkala. Terakhir, pastikan ketika musim hujan datang hindari untuk menerjang air karena jika ketinggian genangan mencapai boks CVT dan air masuk ke boks CVT dapat merusak komponen CVT.

Semoga bermanfaat!

ANDHIKA KRESNA

SHARE

The 1st Indonesia Autovaganza Bikin Heboh QBig Mall

JAKARTA, 26 Maret 2017 – Gelaran 1st Indonesia Autovaganza membuat meriah suasana di QBig Mall, BSD City, Minggu, 26 Maret...

Ini Alasan Lampu Rem Berwarna Merah dan Sein Berwarna Orange

JAKARTA, 26 Maret 2017 - Penggunaan lampu rem belakang dengan warna merah diaplikasikan pada semua kendaraan di dunia baik kendaraan...

Honda Global Resmi Perkenalkan CBR250RR Versi Balap

OSAKA, 25 Maret 2017 - Honda, melalui divisi balapnya Honda Racing Corporation (HRC) resmi memperkenalkan Honda CBR250RR versi balap. Motor yang diberi...

FIRST RIDE: All New Vespa LX 125 i-get

JAKARTA, 24 Maret 2017 - Bersamaan dengan peluncuran Vespa LX 125 i-get dan S 125 i-get perdananya di Jakarta, PT...

Ada Bendera Merah Putih di Yamaha YZF-M1 Duo Yamaha

DOHA, 24 Maret 2017 - Ada yang menarik dalam penampilan perdana duo Yamaha YZF-M1 2017 dalam free practice pertama di...